I.
SEL ABSOLUT DAN SEL
RELATIF
* Sel absolut adalah sel yang tidak
berubah jika disalin
*Sel relatif adalah sel yang berubah
jika disalin
Cara untuk memasukkan alamat sel absolut adalah
dengan menekan tombol F4.
Sel absolut diwakili oleh tanda dolar ($)
Contoh:
1.
Buat tabel seperti
berikut ini.
2.
Untuk menghitung harga
jual rumusnya adalah harga asli barang yang bersangkutan X nilai
discount. Langkahnya, klik di sel C5. Ketikkan tanda “=” dan arahkan kursor ke alamat
sel yang akan dihitung. Selanjutnya tekan Enter.
3.
Salin rumus di atas.
4.
Hasil di atas adalah
salah. Itu adalah contoh sel relatif.
5.
Untuk membetulkan, klik
sel C5. Pada formula bar, klik mouse di antara huruf B dan
angka 1. Tekan tombol
F4 untuk memberi alamat absolut pada sel B1.
6.
Akan muncul tanda dolar.
Selanjutnya tekan Enter. Salin rumus ke bawah.
7.
Klik ikon Save untuk
menyimpan kembali.
Fungsi penjumlahan ini dengan
menggunakan formula atau rumus COUNTIF dan SUMIF.
Ini adalah salah satu variasi dalam penjumlahan pada excel dengan menggabungkan
antara fungsi penjumlahan dengan fungsi IF.
Fungsi COUNTIF bukan untuk menjumlahkan nilai-nilai yang berada pada cell, melainkan menjumlahkan berapa banyak data yang termasuk dalam persyaratan (kategori tertentu).
Kalau kita ingin menjumlahkan data pada range tertentu dengan menggunakan sebuah persyaratan atau criteria maka kita menggunakan rumus SUMIF.
Pada sesi ini kita akan berlatih fungsi COUNTIF.
Kasus: Carilah ada berapa siswa yang lulus dan gagal dari sejumlah siswa yang mengikuti tes. Masukkan data dalam tabel dibawah ini dalam sheet excel:
Fungsi COUNTIF bukan untuk menjumlahkan nilai-nilai yang berada pada cell, melainkan menjumlahkan berapa banyak data yang termasuk dalam persyaratan (kategori tertentu).
Kalau kita ingin menjumlahkan data pada range tertentu dengan menggunakan sebuah persyaratan atau criteria maka kita menggunakan rumus SUMIF.
Pada sesi ini kita akan berlatih fungsi COUNTIF.
Kasus: Carilah ada berapa siswa yang lulus dan gagal dari sejumlah siswa yang mengikuti tes. Masukkan data dalam tabel dibawah ini dalam sheet excel:
Tips:
Untuk mencari hasil LULUS/GAGAL gunakan rumus logika “IF statement”.
Selanjutnya
pada cell C11 ketikkan rumus sebagai berikut (tanpa tanda kutip): ”=COUNTIF(C2:C9;"LULUS")”
Artinya kita akan mencari ada berapa kata ”LULUS” pada cell C2 sampai C9.
Pada cell C12 ketikkan rumus sebagai berikut
(tanpa tanda kutip): ”=COUNTIF(C2:C9;"gagal")”. Artinya kita akan
mencari ada berapa kata ”GAGAL” pada cell C2 sampai C9. Perhatikan bahwa
penggunaan huruf besar maupun kecil pada rumus dianggap sama.Hasil yang akan
diperoleh sebagai berikut:
III.
II.Penggunaan AutoFill
Pada kolom No, KODE dan NAMA UNIT dapat
digunakan Autofill agar lebih cepat dalam memasukkan data yang berulang.
Fasilitas ini diaktifkan ketika kotak hitam kecil yang disebut fill handle
digeser di atas cell-cell baru. Fill handle berada di ujung kanan bawah cell
aktif atau range cell yang dipilih. Ketika menempatkan pointer cell di atas
fill handle, pointer cell berubah menjadi tanda tambah, menunjukkan bahwa
fasilitas AutoFill telah diaktifkan. Untuk membuat seri label, angka, atau
tanggal, geserlah pointer di atas cell-cell yang ingin diisi dengan informasi,
lalu lepaskan tekanan tombol mouse. Seperti sulap, muncullah sederetan nilai.
Pada
Kolom NO dan KODE, Autofill digunakan untuk membuat seri number secara terurut
sedangkan pada kolom Nama Unit digunakan untuk mengcopy data yang sama ke
beberapa cell secara cepat.
IV.
Memulai Buat Dokumen
Pada sub bab ini, kita akan membuat dokumen
sebagai contoh pengelolaan data sederhana. Dari contoh pengelolaan data
sederhana kita akan belajar tentang cara pengetikan di excel, alignment, cara
memformat huruf, cara memformat tabel dan cell, dan memanfaatkan fasilitas
Autofill. Berikut contoh pengelolaan data yang pertama
Langkah-langkah
membuat dokumen daftar unit kerja seperti pada Gambar 6.2 adalah sebagai
berikut:
1.
Buat Judul dan Sub Judul Laporan
#
Arahkan kursor pada Cell A1 (Kolom A dan Baris 1), kemudian ketikkan tulisan
“Daftar Unit Kerja” pada Cell aktif
tersebut.
#
Kemudian ketikkan sub judul laporan pada Cell A3, A4, A5, D4 dan D5 seperti
pada tampilan dibawah ini:
#
Buat data tabel pada Laporan dengan memulai pengetikan pada A7 sampai F7 untuk
judul tabel dan A8, A9, B8, B9, dst untuk data pada tabel.
Casino Del Sol - Casino in Henderson - JamBase
BalasHapusWelcome to Casino 경산 출장마사지 Del Sol, Henderson, NV! 여수 출장마사지 Our fun Casino Del 영천 출장안마 Sol Hotel is 김해 출장안마 located in Henderson, Nevada. 광양 출장마사지 We offer the best gaming and live entertainment!